Depan Desa Cilaja Optimalkan Situ Cimanangga Sebagai Tempat Wisata

Desa Cilaja Optimalkan Situ Cimanangga Sebagai Tempat Wisata

Desa Cilaja, Kecamatan Kramatmulya, Kabupaten Kuningan, punya potensi wisata yang bisa dikembangkan. Desa yang berbatasan dengan Desa Bojong, Gereba, dan Cikubangsari ini, memiliki Situ Cimanangga atau yang biasa disebut Kebon Balong.

Kawasan ini memiliki luas sekitar 1 hektare. Di dalamnya terdapat situs sejarah, termasuk sumber air bersih yang selama ini mengisi situ. Di bagian dataran, terdapat sejumlah pohon berjenis langka, seperti ambit, rengas, dan lain sebagainya.

Saat ini, Situ Cimanangga sedang berangsur ditata oleh pihak pemerintahan desa setempat dengan melibatkan warga dibantu para pemuda Karang Taruna. Bahkan, menurut rencana situ tersebut akan dikelola oleh Karang Taruna Mekar Muda agar bisa dikembangkan baik untuk wisata desa maupun yang lainnya.

“Kita ingin menjadikan Situ ini menjadi lebih bermanfaat bagi masyarakat. Ini bisa saja dijadikan tempat wisata atau juga kolamnya dijadikan pemancingan. Mudah-mudahan bisa berjalan dengan baik agar Desa Cilaja lebih maju, kita ingin membantu pemerintahan desa dalam memanfaatkan aset yang ada,” kata Wakil Ketua Karang Taruna Cilaja, Cecep Yogi Iskandar, Kamis (4/1).

Selain ada potensi wisata, lanjut Cecep, kini di Desa Cilaja juga sudah mulai mengelola sampah. Dalam pengelolaannya, Pemdes Cilaja juga memberikan mandat kepada Karang Taruna. Sudah sebulan lebih sampah rumah tangga di Desa Cilaja kini tidak lagi dibuang sembarangan, melainkan dibuang ke TPS. Hal itu dilakukan sebagai wujud dari perhatian Pemdes Cilaja dan Karang Taruna serta seluruh masyarakat terhadap kebersihan lingkungan. “Alhamdulillah sekarang pengelolaan sampah di Cilaja juga sudah berjalan. Pemdes memfasilitasi Karang Taruna untuk mengelola sampah agar warga tidak lagi membuang sampah sembarangan,” katanya.

Keterlibatan Karang Taruna merupakan bentuk partisipasi atas program pemerintah dalam persampahan. Ke depannya juga akan membuat Bank Sampah bisa dimanfaatkan kembali dan memiliki nilai ekonomi.

Kepala Desa Cilaja, Kusmadi mengaku sudah berkoordinasi untuk pengelolaan situ dan sampah. Pihaknya sangat berterima kasih kepada Karang Taruna yang telah ikut serta membantu program pemerintah desa dalam hal kebersihan lingkungan. “Situ Cimanangga Cilaja ini sangat berpotensi untuk dikembangkan, bisa wisata atau yang lainnya,” katanya.

 

Dalam waktu dekat Pemdes Cilaja akan membentuk Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Dengan adanya badan usaha diharapkan potensi-potensi atau dari aset-aset desa bisa dikelola dengan lebih optimal. (Pemdes Cilaja)